Microsoft telah menambahkan tipe baru di bagian grafik atau chart untuk Excel pada Office 2016 yaitu Waterfall Chart.

Grafik ini juga dikenal dengan sebagai grafik kaskade atau brige grafik/chart. Grafik ini menggambarkan bagaimana nilai-nilai positif atau negatif dalam serangkaian data yang berkontribusi total.

Persis seperti layaknya pendapatan dan pengeluaran yang mengakibatkan saldo bersih di rekening bank Anda ataupun yang lainnya.

Langkah-langkah di bawah ini menunjukkan cara untuk membuat Waterfall chart atau grafik Waterfall, Anda bisa memvisualisasikan laporan keuangan, menganalisis persediaan atau tren penjualan, juga dapat melihat bagaimana nilai-nilai pembaharuan melalui periode waktu.

Membuat Waterfall Chart di Excel 2016

  1. Pilih data yang ingin Anda buat Waterfall Chart. Dalam contoh ini kami menggunakan biaya sederhana.
    Pilih data yang ingin dibuatkan grafik atau chart waterfall.
  2. Arahkan ke tab “Insert” dan klik tombol Waterfall chart dan kemudian pilih jenis grafik Waterfall (perhatikan gambar di bawah).
    Memilih waterfall chart di Excel 2016.
    Excel akan membuat bagan atau grafik berdasarkan data Anda dan menempatkan grafik di tengah spreadsheet.
  3. Pindahkan atau ubah ukuran grafik yang di perlukan dengan cara menyeretnya.
  4. Jika Anda memiliki subtotal pada grafik Anda, Excel mungkin tidak menganggap itu sebagai nilai tambahan. Untuk memperbaiki itu, klik dua kali pada titik data yang harus dipertimbangkan jumlah atau subtotal dalam format data pada titik panel. Kemudian centang opsi “Set as total” pada kotak Format Data Point.
    Opsi Format Data Point di Excel.
  5. Sekarang grafik tidak akan menambah atau mengurangi nilai, tetapi menampilkannya sebagai total atau subtotal.
    Hasil perubahan pada Format Data Point.
  6. Format grafik sama seperti pada versi Excel lainnya. Anda dapat memformat grafik dengan cara yang sama seperti pada Excel dengan versi lainnya, entah itu mengedit judul grafik, memilih font yang berbeda, dan memformat gridlines.
    Tampilan bagan waterfall chart di Excel.

Grafik Waterfall chart adalah cara yang bagus untuk melihat bagaimana individu bagian data berkontribusi secara keseluruhan.

Di versi Excel sebelumnya Anda tidak bisa secara otomatis membuat grafik membuat grafik Waterfall dan harus melalui banyak langkah untuk membuatnya secara manual.